17 Desember 2009

Sekilas Pura Penataran Ped


Tak akan sama jika anda bepergian ke tiap daerah pelosok nusantara, Pura Penataran Agung Ped misalnya. Sebagai inspirasi perjalanan anda berwisata ke Bali dari Pulau Dewata hingga wilayah pelosok terkenal tersebut.

Di sebuah desa, tepatnya di Desa Ped, Sampakan, Nusa Penida, terdapat sebuah pura yang terkenal di seluruh pelosok Bali. Pura Penataran Agung Ped, berjarak hanya sekitar 50 meter dari selatan bibir Pantai Lautan Selat Nusa.

Memiliki pengaruh yang kuat bagi masyarakat pelosok Bali, pura tersebut selalu dipadati umat Hindu untuk memohon keselamatan, kesejahteraan, kerahayuan dan ketenangan. Hingga saat ini, pura ini merupakan salah satu objek wisata spiritual yang paling diminati wisatawan.

Pura ini terdiri dari empat bagian. Pura Segara, Pura Taman, Pura Ratu Gede dan Pura Penataran Agung. Pura Segara dijadikan tempat berstanaya Batara Baruna. Pura Taman dengan kolam mengitari pelinggih yang ada di dalamnya, sebagai tempat penyucian. Pura Ratu Gede sebagai simbol kesaktian penguasa Nusa pada zamannya. Sedangkan Pura Penatran Agung yang merupakan linggih Batara-batara pada waktu ngusaba.
Pura yang dibangun sejak ratusan tahun lalu ini, sudah mengalami perbaikan diberbagai sudutnya, kecuali benda-benda yang dikeramatkan. Salah satunya adalah Arca Ratu Gede Mecaling yang ada di Pura Ratu Gede tidak ada seorang pu yang berani menyentuh arca tersbut.

Bali, memanglah lokasi wisata yang identik dengan wahana spiritualitas Hindu dan mampu menarik perhatian para pengunjungnya, termasuk anda bukan! Selamat menikmati perjalanan menarik dan indah di Bali tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar