16 Juni 2015

Mematikan Komputer Wajib di Shutdown

Ada beberapa alasan mengapa kita wajib mematikan komputer atau lapto kita dengan benar dan sempurna, mari kita simak alasannya.

1. Kerusakan Pada Power Supply
Pada saat proses Shutdown, prosesor memberikan perintah kepada bios untuk menghentikan segala pekerjaan komponen peralatan, sehingga arus atau daya yang terpakai diputus secara normal, tapi jika kita mematikan secara paksa (mencabut kabel power atau menekan lama tombol power), arus dan daya diputus secara tidak normal.

2. Processor Bisa Rusak, Bahkan Gosong
Pada saat proses Shutdown, fan komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan prosesor, kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka pendinginan prosesor tidak bekerja secara normal maka lama-kelamaan prosesor bisa rusak.

3. RAM / Memory Bisa Rusak
Pada saat proses Shutdown, System Memory akan dikosongkan, sehingga pada saat komputer dipakai lagi maka memori sudah benar-benar dalam keadaan refresh, kalau kita mematikan komputer secara langsung maka besar kemungkinan memori bisa rusak.

4. Registry Menjadi Berantakan
Pada saat proses Shutdown, komputer akan meregistrasi ulang komponen komputer yang terpakai (digunakan) dan software serta data yang dipakai atau yang dihapus. Kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registry.

5. Kemungkinan Hard Disk Mengalami Bad Sector Sangatlah Tinggi
Pada saat proses Shutdown, komputer akan menyimpan semua proses yang terjadi di atas ke dalam Hard Disk. Bayangkan jika sedang proses bekerja, Hard Disk tiba-tiba dimatikan. Kamu bisa membayangkan sendiri apa yang akan terjadi, yaitu kerusakan pada silinder Hard Disk atau biasa disebut dengan Bad Sector.

Sumber: kaskus.co.id

0 komentar:

Posting Komentar