6 Agustus 2015

Install Windows Tanpa CD

Semangat pagi sobat Granat...

Kali ini saya akan membahas tentang install/pasang Windows di PC atau laptop sobat yang tidak ada CD drive-nya. Secara umum proses install Windows di PC/laptop semuanya sama, tapi kebanyakan menggunakan fasilitas CD sebagai media instalasi. Nah bagaimana dengan netbook?! Jangan khawatir, sobat bisa install Windows di netbook anda dengan menggunakan flashdisk sebagai pengganti CD. Sebelumnya sobat harus mempersiapkan alat dan bahannya, yaitu:

  1. Flashdisk 4GB atau lebih, karena ukuran installer windows biasanya dibawah 4GB namun diatas 3GB. (intinya sesuaikan dengan ukuran installer). Dan sebagai catatan flashdisk yang digunakan ini akan terformat nantinya, jadi backup dulu data-datanya.
  2. File Installer Windows, sobat bisa download (googling) file-nya berupa file ISO, atau kalau punya CD-nya sobat copy dulu di PC/laptop yang ada CD drive-nya.
Alat dan bahannya cukup dua saja... 

Nah, proses selanjutnya adalah membuat flashdisk kita agar bisa terbaca saat booting, sama halnya dengan install menggunakan CD (harus terbaca saat booting atau bootable)

Berikut cara kerja membuat flashdisk menjadi bootable:


  1. Tancapkan flashdisk di PC sobat, sampai terbaca.
  2. Buka program Run atau dengan shortcut  (Win + R) kemudian ketikkan diskpart dan tekan  Enter atau klik OK

  3. Window CMD diskpart akan terbuka, ketikkan list disk dan tekan Enter 

  4. Lihat Disk berapa USB flashdisk sobat. Sobat bisa mengetahuinya dengan mudah melalui ukuran (size) flashdisk tersebut.
  5. Setelah itu, ketikkan select disk 3 (ganti 3 dengan ID dari urutan disk USB flashdisk sobat) kemudian Enter
  6. Ketikkan clean lalu tekan Enter untuk menghapus partisi, file system, dan data yang masih tersimpan di USB Flashdisk. Pastikan proses cleaning diskpart tersebut berhasil alias sukses.
  7. Setelah itu ketikkan create partition primary tekan Enter. Pastikan proses pembuatan partisi berhasil.
  8. Kemudian jadikan partisi tersebut sebagai active dengan cara mengetikkan active dan tekan  Enter. Pastikan partisi sudah berhasil di set sebagai active.
  9. Format partisi tersebut dengan file system FAT32. Caranya cukup ketikkan format fs=fat32 label=granat quick tekan Enter (ubah nama label dengan nama yang kamu inginkan dalam contoh "granat") Tunggu sampai selesai.
  10. Setelah selesai, maka flashdisk sobat sudah menjadi partisi primary yang aktif dan bootable. Close window diskpart dengan mengetikkan exit kemudian tekan Enter
  11. Kini sobat tinggal mount atau extract menggunakan winRar file ISO installer Windows dan copy semua isinya ke flashdisk tersebut.
  12. Setelah semua isi tercopy kedalam flashdisk, maka flashdisk tersebut siap untuk sobat gunakan untuk menginstall Windows sebagai pengganti CD.
  13. Selanjutnya tinggal setting booting netbook sobat agar booting flashdisk tadi ditaruh paling atas.
  14. Install deh windows-nya...
NB: Jika proses tersebut sukses ditandai dengan icon flashdisk sobat akan berubah menjadi icon installer windows

0 komentar:

Posting Komentar